Grafik Komputer dan Pengolahan Citra merupakan hal yang
sudah tidak asing pada masa kita sekarang ini. Begitu mendengar kata-kata “ilmu
grafik computer” dan “ilmu pengolahan citra” pasti langsung terbersit di benak
kita software yang sering kita jumpai, software yang sering digunakan dan
termasuk user friendly karena mudah digunakan, antara lain Photoshop dan
Autocad.
Photoshop yang sering kita gunakan untuk mengedit foto
merupakan software yang telah diciptakan khusus untuk mengolah gambar yang kita
ambil melalui kamera digital, entah itu kamera dslr ataupun kamera digital
biasa. Sedangkan Autocad merupakan pengolah gambar yang telah kita buat sendiri
rancangan gambarnya.
Untuk apa kedua software tersebut dijelaskan kembali,
pastinya agar kita mudah memahami perbedaan di antara kedua software tersebut,
yang keduanya berasal dari 2 disiplin ilmu yang berbeda tetapi hampir sama. Photoshop
berasal dari disiplin ilmu pengolahan citra sedangkan Autocad berasal dari
disiplin ilmu grafik computer.
Ilmu grafik computer adalah ilmu yang mempelajari manipulasi
gambar (visual) secara digital. Didalamnya terdapat beberapa sub bagian ilmu,
antara lain:
- Geometri yaitu ilmu
yang mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi yaitu ilmu
yang mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering yaitu
ilmu yang mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging)
yaitu ilmu yang mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Sedangkan untuk pengolahan citra memiliki arti kegiatan
untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan
menggunakan teknik tertentu. Pengolahan citra memperbaiki kualitas citra agar
mudah diinterpretasi oleh manusia/mesin (komputer).
Meskipun Citra merupakan bagian dari Grafik Komputer secara
umum, namun kedua hal ini jelas berbeda. Pengolahan Citra berorientasi pada
pixel yang artinya lebih fokus kepada titik-titik pada suatu gambar, selain itu
Pengolahan Citra digunakan untuk meningkatkan interpretasi 2D/3D yang artinya
kita dapat lebih memahami secara detil tentang gambar atau citra yang kita
olah. Dan yang terakhir dari Pengolahan Citra adalah menitik beratkan pada
manipulasi Citra sesuai dengan keperluan user yang berarti hasil dari
pengolahan Citra tersebut lebih penting dibandingkan konsepnya.
Sedangkan pada Grafik Komputer lebih berorientasi pada vektor
atu bisa dibilang pada garis, lalu menggunakan model 2D/3D, serta lebih
mementingkan konsep dan implementasi metodenya.
Untuk lebih jelasnya saya tuliskan menggunakan point untuk
perbedaan diantara keduanya:
Pengolahan citra
- Berorientasi pixel
- Mengolah data citra untuk
mendapatkan interpretasi 2D/3D
- Menitik beratkan pada
manipulasi citra sesuai dengan keperluan user
Grafik komputer
- Berorientasi vektor
- Menggunakan model 2D/3D
hasil realistic
- Cenderung mempelajari
konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D)
Penerapan/ Aplikasi pada Grafik Komputer dan Pengolahan
Citra serta contohnya:
Terdapat banyak sekali penerapan pada ilmu Grafik Komputer,
antara lain:
- Bidang Pendidikan
Ilmu Grafik Komputer dapat
ditemukan saat kita mempelajari beberapa aplikasi Microsoft Office, seperti
Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Di dalamnya kita pernah di ajarkan
untuk membuat grafik atau diagram yang merupakan salah satu proses pengembangan
dari ilmu Grafik Komputer.
- Bidang Perancangan/
Arsitektur
Pada perancangan pun terdapat Ilmu
Grafik Komputer karena pada bidang ini ilmu Grafik Komputer sangat berperan
penting didalamnya. Software yang digunakan pada bidang ini salah satunya ialah
Autocad yang dapat memperkecil kesalahan pada saat pembangunan, karena melalui
software ini user dapat membuat sebuah replica virtual dari rancangan yang akan
dibuat.
- Bidang Hiburan/Animasi
Pada bidang Hiburan lebih banyak
lagi Software yang digunakan karena semakin hari bidang perfilman dan permainan
(game) semakin memperindah gambar serta kualitas film, jika tidak mampu
menyuguhkan maka perusahaan yang bersangkutan tidak akan mampu mengikuti
persaingan dan akan tertinggal. Salah satu aplikasi pembuat game antara lain Macromedia
Flash.
Sedangkan pada Pengolahan Citra antara lain:
- Bidang Photografi
Pada bidang Photografi Pegolahan
Citra termasuk didalam urutan teratas pengaplikasian pada Pengolahan Citra.
Dahulu orang yang ingin memperindah gambar yang di ambil lewat kamera memerlukan
Photografer yang ahli agar gambar yang dihasilkan bagus, tapi sekarang tanpa
Photografer yang ahli pun gambar dari kamera yang kita ambil dapat menjadi
indah yaitu dengan menggunakan Software Photoshop dan Corel Draw.
- Bidang Kedokteran
Pada bidang kedokteran digunakan
pula pengolahan citra untuk melihat hal-hal yang tidak mampu dilakukan tanpa
melukai pasien. Dengan adanya pengolahan citra maka hal tersebut dapat
diminimalisir dan bagian tubuh yang sulit dilihat keadaannya dapat dengan mudah
dilihat. Penggunaannya antara lain x-ray pada rontgen di rumah sakit
- Pemetaan
Google Maps adalah salah satu
aplikasi yang digunakan pada Pengolahan Citra yang digunakan untuk membantu
para pengelana yang tersesat agar mudah mengetahui jalannya.
Sekian pengertian dan perbedaan dari ilmu Grafik Komputer
dan Pengolahan Citra beserta penerapannya. Jika ada yang salah atau menyukai
tulisan ini harap meninggalkan komentar.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar