Jumat, 27 September 2013

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra merupakan hal yang sudah tidak asing pada masa kita sekarang ini. Begitu mendengar kata-kata “ilmu grafik computer” dan “ilmu pengolahan citra” pasti langsung terbersit di benak kita software yang sering kita jumpai, software yang sering digunakan dan termasuk user friendly karena mudah digunakan, antara lain Photoshop dan Autocad.
Photoshop yang sering kita gunakan untuk mengedit foto merupakan software yang telah diciptakan khusus untuk mengolah gambar yang kita ambil melalui kamera digital, entah itu kamera dslr ataupun kamera digital biasa. Sedangkan Autocad merupakan pengolah gambar yang telah kita buat sendiri rancangan gambarnya.
Untuk apa kedua software tersebut dijelaskan kembali, pastinya agar kita mudah memahami perbedaan di antara kedua software tersebut, yang keduanya berasal dari 2 disiplin ilmu yang berbeda tetapi hampir sama. Photoshop berasal dari disiplin ilmu pengolahan citra sedangkan Autocad berasal dari disiplin ilmu grafik computer.
Ilmu grafik computer adalah ilmu yang mempelajari manipulasi gambar (visual) secara digital. Didalamnya terdapat beberapa sub bagian ilmu, antara lain:
  • Geometri yaitu ilmu yang mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi yaitu ilmu yang mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering yaitu ilmu yang mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging) yaitu ilmu yang mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Sedangkan untuk pengolahan citra memiliki arti kegiatan untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Pengolahan citra memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia/mesin (komputer).
Meskipun Citra merupakan bagian dari Grafik Komputer secara umum, namun kedua hal ini jelas berbeda. Pengolahan Citra berorientasi pada pixel yang artinya lebih fokus kepada titik-titik pada suatu gambar, selain itu Pengolahan Citra digunakan untuk meningkatkan interpretasi 2D/3D yang artinya kita dapat lebih memahami secara detil tentang gambar atau citra yang kita olah. Dan yang terakhir dari Pengolahan Citra adalah menitik beratkan pada manipulasi Citra sesuai dengan keperluan user yang berarti hasil dari pengolahan Citra tersebut lebih penting dibandingkan konsepnya.
Sedangkan pada Grafik Komputer lebih berorientasi pada vektor atu bisa dibilang pada garis, lalu menggunakan model 2D/3D, serta lebih mementingkan konsep dan implementasi metodenya.
Untuk lebih jelasnya saya tuliskan menggunakan point untuk perbedaan diantara keduanya:
Pengolahan citra
  • Berorientasi pixel
  • Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D
  • Menitik beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user
Grafik komputer
  • Berorientasi vektor
  • Menggunakan model 2D/3D hasil realistic
  • Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D)
Penerapan/ Aplikasi pada Grafik Komputer dan Pengolahan Citra serta contohnya:
Terdapat banyak sekali penerapan pada ilmu Grafik Komputer, antara lain:
  1. Bidang Pendidikan
Ilmu Grafik Komputer dapat ditemukan saat kita mempelajari beberapa aplikasi Microsoft Office, seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Di dalamnya kita pernah di ajarkan untuk membuat grafik atau diagram yang merupakan salah satu proses pengembangan dari ilmu Grafik Komputer.
  1. Bidang Perancangan/ Arsitektur
Pada perancangan pun terdapat Ilmu Grafik Komputer karena pada bidang ini ilmu Grafik Komputer sangat berperan penting didalamnya. Software yang digunakan pada bidang ini salah satunya ialah Autocad yang dapat memperkecil kesalahan pada saat pembangunan, karena melalui software ini user dapat membuat sebuah replica virtual dari rancangan yang akan dibuat.
  1. Bidang Hiburan/Animasi
Pada bidang Hiburan lebih banyak lagi Software yang digunakan karena semakin hari bidang perfilman dan permainan (game) semakin memperindah gambar serta kualitas film, jika tidak mampu menyuguhkan maka perusahaan yang bersangkutan tidak akan mampu mengikuti persaingan dan akan tertinggal. Salah satu aplikasi pembuat game antara lain Macromedia Flash.
Sedangkan pada Pengolahan Citra antara lain:
  1. Bidang Photografi
Pada bidang Photografi Pegolahan Citra termasuk didalam urutan teratas pengaplikasian pada Pengolahan Citra. Dahulu orang yang ingin memperindah gambar yang di ambil lewat kamera memerlukan Photografer yang ahli agar gambar yang dihasilkan bagus, tapi sekarang tanpa Photografer yang ahli pun gambar dari kamera yang kita ambil dapat menjadi indah yaitu dengan menggunakan Software Photoshop dan Corel Draw.
  1. Bidang Kedokteran
Pada bidang kedokteran digunakan pula pengolahan citra untuk melihat hal-hal yang tidak mampu dilakukan tanpa melukai pasien. Dengan adanya pengolahan citra maka hal tersebut dapat diminimalisir dan bagian tubuh yang sulit dilihat keadaannya dapat dengan mudah dilihat. Penggunaannya antara lain x-ray pada rontgen di rumah sakit
  1. Pemetaan
Google Maps adalah salah satu aplikasi yang digunakan pada Pengolahan Citra yang digunakan untuk membantu para pengelana yang tersesat agar mudah mengetahui jalannya.
Sekian pengertian dan perbedaan dari ilmu Grafik Komputer dan Pengolahan Citra beserta penerapannya. Jika ada yang salah atau menyukai tulisan ini harap meninggalkan komentar.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar